Wisata Desa

PROGRAM PENDAMPINGAN
PENGEMBANGAN MASYARAKAT DESA
”KAMPUNG KELUARGA DAN SISWA”
Sukaratu Gekbrong, Cianjur – Jawa Barat
Seiring penetapan Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong sebagai desa binaan dalam berbagai aspek maka untuk kesuksesan atas proses dan hasilnya harus didukung oleh berbagai pihak. Disamping oleh Pemerintah Desa dan pemerintahan dalam berbagai strata, elemen masyarakat, dunia usaha juga kalangan lembaga sosial (NGO). Tentu keberhasilan yang dicapai pada saatnya akan bermuara pada perbaikan dan peningkatan kondisi kemajuan desa serta kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan, bukan semata-mata buah prestasi Kepala Desa, Aparatur Desa, Pemerintah, atau elemen tertentu saja tetapi merupakan hasil kerja terpadu dari semua lini. Semangat ini menjadi prasyarat dalam dinamika pembangunan Cianjur sebagaimana yang ditetapkan bersama.

VISI, MISI, RPJM, dan Kebijakan yang menjadi pijakan amanah, khususnya yang dibebankan rakyat kepada para Pimpinan Daerah (Eksekutif, Legislatif, dan Badan Terkait) merupakan cita-cita ideal yang sangat realistis diwujudkan. Cianjur secara faktual memiliki potensi luar biasa dalam banyak aspek. Luas wilayah, jumlah penduduk, sumberdaya mineral, sumber daya hayati, kelautan, perikanan, pertanian, pariwisata, adat, seni, budaya, dan lain sebagainya.
IKAZI sebagai himpunan dari para alumni Zenshakyou (Japan National Council of Social Welfare) memiliki kewajiban moral turut berpartisipasi mengembangkan daerah dan masyarakat di tanah kelahiran, Indonesia. KESUMA sebagai yayasan yang berkhidmat pada pembangunan masyarakat juga memiliki visi dan misi sebangun dengan IKAZI. Dalam kaitan upaya mencapai cita-cita ideal masyarkat, khususnya di Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur bermaksud turut memberikan kontribusi bersama-sama elemen lokal. IKAZI dan YPM KESUMA yang selama ini telah memperoleh kesempatan berkecimpung dalam lapangan kesejahteraan sosial secara bersama ingin memompakan spirit dan dukungan guna mewujudkan Desa Sukaratu lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera, melalui peran pendampingan secara live in.

JUDUL PROGRAM
PUNGGAWA RATU: Sukaratu sebagai Kampung (Desa) pembelajaran dan pemberdayaan bagi kalangan Keluarga dan Siswa (generasi penerus).

VISI PROGRAM
TIASA SEJAHTERA: maju desa, sejahtera masyarakat melalui penciptaan dan pengemasan berbagai aktivitas serta potensi lokal yang mampu mendongkrak pendapatan masyarakat, kualitas pendidikan dan kesehatan serta pelestarian lingkungan hidup.

MISI PROGRAM
Pemberdayaan potensi lokal sebagai media pendidikan alternatif dan pelestarian lingkungan hidup.
Pemberdayaan potensi lokal menjadi wahana wisata alami, islami, dan nyunda.
Pemberdayaan potensi lokal menjadi sumber ekonomi/pendapatan.

OUT PUT (CAPAIAN) PROGRAM
Terselenggaranya aktivitas pendidikan informal dan non formal dikalangan masyarakat lokal Sukaratu yang menunjang pendidikan formal dalam bermacam bidang untuk berbagai kalangan seperti pendidikan anak usia dini, keterampilan bagi perempuan, kepemimpinan untuk pemuda, training peningkatan kapasitas (capacity building) dan lain-lain.
Terselenggaranya aktivitas wisata edukatif berdasarkan potensi lokal yang dimiliki Sukaratu seperti objek wisata alam, sawah, bukit/pegunungan, pertanian, kuliner-penganan, seni-budaya dan tradisi, wisata rohani-religi, game outbond, dan lain sebagainya.
Terselenggaranya aktivitas berbagai usaha warga; seperti home industry, koperasi, peternakan, pertanian, wisata, dan lain-lain.

CAKUPAN DAN ALUR PROSES PROGRAM
PROMOSI
PUNGGAWA RATU merupakan suatu daerah (desa) yang memiliki lingkungan (hidup) masih asli dan alami dengan masyarakatnya yang menjunjung tradisi (islami dan nyunda).
PUNGGAWA RATU dapat dijangkau dari pusat kota Cianjur dengan mudah, berada dalam perlintasan (lalu lintas) utama antara Bandung – Sukabumi.
PUNGGAWA RATU berhawa sejuk, jauh dari polusi, sumber air cukup melimpah, dan tidak kumuh dengan pola hidup keseharian masyarakatnya yang nyunda, nyantri, ramah, basajan (bersahaja), terbuka dan toleran, guyub (akur dan gotong-royong).
Fasilitas Pembelajaran dan Objek Wisata yang Tersedia di PUNGGAWA RATU:
Sentra pendidikan anak usia dini;
Sentra pengrajin rajutan (kopiah) perempuan;
Sentra pengrajin aneka perkakas dapur;
Sentra kuliner (makanan/jajanan tradisional) seperti ranginang, putumayang, kueh ali; surabi, cakue dan odading, ulen, opak ketan, peuyeum ketan, bubuy sampeu, jagung bakar, bandrek/kopi/susu, pisang goreng, comhu, dll.
Sentra Menu makan ala kampung: sangu tutug oncom, nasi liwet, nasi timbel, nasi uduk/kuning, nasi boboko, nasi rantang, dan lain-lain yang senantiasa memiliki kandungan unsur 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna dengan variasi penyajian di dalam rumah, di saung, atau di alam terbuka lainnya.
Sentra Penginapan Home Stay di rumah-rumah sehat milik warga Sukaratu dengan pembinaan aspek sanitasi dan higienis secara memadai, sebanyak 10 (sepuluh) unit. Disamping juga (kedepan) akan dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang umum.
Sentra pertanian sawah dengan siklus yang berkesinambungan sepanjang musim: ngabinih, ngagaru, tanur, ngarambet, hingga panen.
Sentra pertanian kebun seperti kebun jambu biji, stroberi, ubi jalar, jagung, cabe, sayuran, dan lain-lain.
Sentra pertanian-ternak seperti unggas, kambing, kerbau/sapi, kelinci, dan kolam ikan.
Lintas alam; air-sungai, pematang, bukit dan gunung.
Sentra keagamaan dan seni-tradisi seperti pesantren salafi, ibing pencak silat, tepak tilu jaipong, seni kacapi suling, ngagondang lisung, dll.
Juga ada arena game outbond.

PUNGGAWA RATU diperuntukkan bagi semua orang yang mendambakan suasana lain dari biasanya. Siapa saja; anak-anak, orang dewasa, orang tua, dinas/ instansi, perusahaan, LSM/NGO, dan lain sebagainya baik secara perorangan maupun berkelompok (rombongan) dapat berkunjung dan menginap di Sukaratu (PUNGGAWA RATU).
PUNGGAWA RATU diselenggarakan dengan berbasis masyarakat; dikelola secara terpadu oleh TIM yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, Elemen Masyarakat, dan Manajemen Pelaksana.

RESERVASI
Bagi siapa saja yang tertarik dan berminat dapat melakukan kontak (pemesanan) terlebih dahulu melalui:
NAYAGAN PUNGGAWA RATU
Jalan Cibeleng-Sukaratu RT 03/02
Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong
Cianjur – Jawa Barat 43250
Telepon +62-263-5031195, 285095
Cellular +62-815-73797857 (Wawan), +62-813-20542613 (Winda)
Email : one020410@yahoo.com, atau heraaghnia@yahoo.com

FASILITASI
Setiap orang yang telah melakukan reservasi (pemesanan) akan dilayani secara penuh oleh NAYAGAN PUNGGAWA RATU sehingga secara praktis, aman, dan nyaman dapat menikmati segala fasilitas di PUNGGAWA RATU. Layanan fasilitasi yang diberikan adalah:
Ketersediaan sarana transportasi hingga ke pusat lokasi PUNGGAWA RATU, dengan alternatif:
Mobil Angkutan Umum No 43 Trayek Cianjur Kota – Cikancana
Para pengunjung yang bertolak Dari pusat kota Cianjur (seputaran Joglo) dan jalur/trayek yang dilalui seperti Cikaret, Pasirhayam, Rancagoong, Ciwalen, dan Warungkondang dengan mudah dan praktis dapat menggunakan jasa Angkutan (Umum) Kota No 43. Demikian pula para pengunjung berasal dari arah Jabodetabek maupun dari arah Bandung Raya yang menggunakan jasa angkutan umum Bus dapat turun di bilangan Pasirhayam/Perempatan Rancagoong untuk kemudian berganti dengan jasa angkutan angkot no 43. Besar tarif angkot jauh-dekat adalah Rp2,500. Lantas, minta turun di Simpang Cibeleng (Babakan Bandung) untuk kemudian melanjutkan hingga ke pusat lokasi PUNGGAWA RATU sejauh 1 km dengan berjalan kaki sambil menikmati panorama dan suasana sepanjang jalan (desa).
Ojeg (dari simpang Cipadang dan simpang Cibeleng/Babakan Bandung)
Bagi pengunjung dari arah Bandung Raya (Timur) dan dari arah Sukabumi (Barat) yang kedatangannya memakai angkutan Bus dapat juga minta turun di Simpang Cipadang, kemudian berganti dengan memakai bantuan jasa Ojeg dengan tarif Rp1,500–Rp2,000 hingga pusat lokasi

PUNGGAWA RATU.
Mobil carteran
Dimungkinkan penyediaannya bila para pengunjung yang datang adalah berasal dari Wilayah Kota Cianjur dan Pinggiran Kota seperti Cilaku, Cibeber, Karang Tengah, Sukamaju, Mande, Cugenang, Warungkondang, Gekbrong, dan Sukaraja (Sukabumi). Tarif kendaraan carteran untuk antar-jemput (pp) adalah Rp100,000 per unit.
Penyediaan pakaian seragam TANI (dudukuy, baju dan celana pangsi, sarung, sandal tarumpak dan sepatu boot).
Pengunjung, setelah tiba di pusat lokasi PUNGGAWA RATU akan diberi kesempatan untuk mengganti kostum khas petani/kampung; untuk laki-laki terdiri dari sepatu boot, sarung, baju/celana pangsi, dan dudukuy sedangkan untuk perempuan sepatu boot, kebaya, dan dudukuy.
Pakaian/seragam khas kampung/petani yang disediakan terjamin kebersihan dan pemeliharaannya.
Pakaian/seragam khas kampung/petani, selesai dipakai wajib dikembalikan.
Bagi yang bermalam dan ikutserta dalam aktivitas ronda malam disediakan kupluk juga perlengkapan lain sesuai jenis paket kegiatan yang dinikmati.
Ketersediaan sarana akomodasi; istirahat, ibadah, MCK, makan, dll.
Pengunjung yang bermalam di PUNGGAWA RATU juga disediakan homestay pada rumah-rumah sehat milik warga yang terbina dan terpelihara sanitasi dan higynitasnya; berjumlah 10 unit.
Pada masing-masing unit rumah sehat bisa menetap/bermalam beberapa orang, dengan ketentuan harus muhrim bagi orang yang sudah dewasa (dalam satu kamar bisa 1-2 orang atau sekeluarga).
Pengunjung yang homestay/menginap mesti mengikuti pola keseharian masyarakat

PUNGGAWA RATU dan sekitarnya, seperti:
Kebiasaan tegur sapa (mengucap salam dan berjabat tangan);
Menjaga sopan, santun, dan rendah hati;
Berpakaian (menutup aurat) dan berpenampilan sederhana dan menyesuaikan situasi;
Menu makan (4 sehat 5 sempurna) ala kampung sebagaimana tersedia/ pesanan di homestay;
Berhenti aktivitas ketika saatnya waktu beribadah;
Berbaur (menyatu dan akrab) dengan anggota pemilik homestay;
Dan lain-lain.
Keamanan barang/logistik bawaan setiap pengunjung.
Bagi pengunjung yang tidak menginap barang bawaan bisa disimpan/dititipkan kepada Nayagan

PUNGGAWA RATU.
Bagi pengunjung yang menginap barang bawaan bisa disimpan di lokasi homestay dan yang bernilai/berharga bisa dititipkan kepada pemilik homestay atau Nayagan PUNGGAWA RATU.
Pemanduan ke setiap objek/fasilitas (09.00 s.d. 12.00 WIB) dan (14.00 s.d. 17.00 WIB).
Aktivitas di PUNGGAWA RATU pada siang hari dimulai sejak selesai waktu ibadah pagi (sholat subuh) hingga menjelang/sebelum tiba waktu ibadah malam (sebelum sholat magrib) sebagaimana lazimnya irama kehidupan petani. Tetapi, secara formal Nayagan PUNGGAWA RATU mulai jam kerja dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.
Aktivitas di PUNGGAWA RATU pada malam hari dimulai sejak selesai waktu ibadah malam (setelah sholat Isya), dan secara formal ada Nayagan PUNGGAWA RATU yang bertugas piket malam.
Paket aktivitas PUNGGAWA RATU pada siang hari, meliputi:
Jalan Pagi ”Mapag Ibun” (cross country)
Aktivitas ini khususnya bagi para pengunjung yang menginap. Begitu selesai saatnya ibadah pagi (sholat Subuh), para pengunjung dengan berpakaian olah raga, bersama-sama akan dipandu mengelilingi kampung di sekitar pusat lokasi PUNGGAWA RATU diantaranya untuk menikmati embun pagi, segarnya alam, dan menyongsong mentari terbit. Aktivitas ini berakhir sebelum saatnya mandi pagi dan mumuluk di lokasi homestay.
”Tatanen”
Aktivitas ini, baik bagi para pengunjung yang menginap maupun yang tidak menginap. Aktivitas berlangsung dari sejak selesainya sarapan pagi (mumuluk) sekitar pukul 09.00 WIB hingga sebelum tibanya saat ibadah siang (sholat dzuhur) sekitar pukul 12.00 WIB. Dengan berpakaian ”ala petani” para pengunjung dapat melakukan jenis-jenis aktivitas pilihan dalam Paket ”Tatanen” yaitu bergabung dengan para petani di sawah, di kebun, atau di ladang. Pengunjung dapat ikutserta mengolah padi/sawah (sesuai pola tanam yang sedang berlangsung, ngabedah empang (menangkap ikan), mengolah kebun, atau ternak di ladang (dikandang).
”Dahar Ponyo”
Saat tiba waktu makan siang para pengunjung bisa memilih alternatif pola penyajian menu 4 sehat 5 sempurna ala kampung, yaitu:
Boboko; makan siang bersama di saung (di luar rumah) dengan penyajian menu makanan dalam buntelan boboko.
Rantang; makan siang bersama disembarang tempat di luar rumah dengan penyajian menu makanan dalam rantang.
Buceng/Timber; makan siang bersama di saung atau di sembarang tempat diluar rumah dengan penyajian menu makanan (khususnya nasi) dengan dibungkus daun pisang.
Dulang; makan siang bersama didalam rumah dengan penyajian menu makanan (khususnya nasi) dengan dulang.
Paket ”dahar ponyo” berlangsung dalam rentang pukul 12.00 – 14.00 WIB (bisa sebelum atau setelah waktu ibadah siang/sholat dzuhur).
”Ngaleson”
Aktivitas yang bisa diikuti/dinikmati oleh para pengunjung baik yang menginap maupun yang tidak menginap pada siang hari setelah ibadah dan istirahat siang (mulai pukul 14.00 WIB) hingga menjelang waktu ibadah malam (sholat maghrib) dengan diselingi waktu ibadah petang (sholat ashar sekitar pukul 15.00/16.00 WIB). Jenis-jenis paket ngaleson yang bisa dipilih antara lain:
Nyakola; ikutserta/melibatkan diri dalam aktivitas warga secara non formal seperti pembuatan penganan tradisional, kerajinan/kreativitas, latihan seni-budaya-tradisi, dan sebagainya.
Nyantri; ikutserta/melibatkan diri dalam aktivitas keagamaan khas kampung misalnya minggonan di madrasah, pengajian anak-anak, bandungan atau pesantren kilat (sanlat) di pondok, dan sebagainya.
Nyaba; mengunjungi pusat kota atau pusat-pusat souvenir (cinderamata) atau keunikan setempat, seperti ke sentra ayam pelung, lentera gentur, pusat jajanan by pass cianjur, alun-alun atau taman pancaniti dan mesjid agung Cianjur, dan lain sebagainya.
Paket aktivitas PUNGGAWA RATU pada malam hari, meliputi:
”Duduluran”
Paket kegiatan yang berlangsung pada malam hari setelah makan malam dan ibadah malam (sholat isya) sekitar pukul 20.00 hingga pukul 22.00 WIB (terkecuali disambung dengan paket ngaronda; mungkin sampai pukul 4.00WIB atau menjelang waktu sholat subuh/ibadah pagi). Jenis-jenisnya antara lain gunem catur balarea sambil ”ngopi” (kopi/susu/ bandrek dengan bubuy hui atau sampeu, bakar jagung, seupan taleus/cau, dan lain sebagainya. Bisa juga melakukan kunjungan (silaturrahmi/ anjang sono kepada tetangga disekitar rumah lokasi homestay.
”Gadang”
Para pengunjung, khususnya kaum laki-laki dapat ikutserta ngaronda dan/atau ngobor di sawah (bila lagi musim belut).
Paket aktivitas PUNGGAWA RATU yang berlangsung siang maupun malam (khusus untuk Capacity Building Training/Pelatihan Peningkatan Kapasitas, meeting/rapat, atau event-event khusus lainnya).

KONTRIBUSI DAN ALOKASI
Setiap orang yang telah melakukan reservasi (pemesanan) jadwal kunjungan ke PUNGGAWA RATU akan dikenakan biaya kontribusi, meliputi:
Makan Rp10,000/porsi/orang;
Pemanduan dan ikutserta dalam 1 (satu) Paket Objek/Fasilitas yang Dikunjungi Rp30,000/orang;
Penanaman Bibit Pohon untuk Gerakan Penghijauan Rp10,000/orang/pohon;
Penginapan Rp15,000/malam/orang;
Paket kunjungan, bila sekaligus dengan pelaksanaan outbond training atau capacity building training diberlakukan besar kontribusi tersendiri.
Persentasi alokasi (pembagian/peruntukan) Kontribusi, adalah:
Pemasukan Kas Desa 10%
Penghasilan Individu Warga (pemilik objek/fasilitas) 20%
Operasional Manajemen Pelaksana 70%

E. DUKUNGAN PRASARANA DAN SOSIAL-EKONOMI (PROGRAM INISIASI)
Usaha rehab jalan (aspal) dan saluran air (parit) kiri-kanan, sepanjang 1 km (dari simpang Babakan Bandung hingga pusat lokasi PUNGGAWA RATU/Kantor Desa Sukaratu).
Upaya pembuatan Gapura ”PUNGGAWA RATU” di simpang Babakan Bandung.
Usaha penyediaan pot dan tanaman/bunga serta tong/tempat sampah untuk setiap rumah/kepala keluarga disepanjang jalan Cibeleng-Sukaratu.
Penyertaan/pembiayaan modal usaha bagi kepala keluarga/perempuan (Koperasi Grameen Bank Sukaratu).
Pembimbingan teknis peningkatan kualitas dan hasil produksi pertanian.
Penyelenggaraan Studi Banding dan Magang bagi SDM Lokal Sukaratu terkait rural community development.
Sosialisasi dan penanaman nilai filosofis Cianjur yang Ngaos, Mamaos, dan Maenpo beserta segenap adat-tradisi keseharian kepada lapisan warga.
Pembinaan sanitasi, nutrisi, dan kesehatan dasar masyarakat sehingga menjadi pola hidup sehari-hari.

F. TIM PENGELOLA PROGRAM
PENGARAH
Pemerintah Desa Sukaratu
IKAZI
YPM KESUMA
Profesional
PELAKSANA
1. Koordinator : Teguh Wibawanto
2. Bidang Admin-Keu : Neng Sa’adah
3. Bidang Promosi & Reservasi : Windawati
4. Bidang Pemanduan :
a. Paket Agama, Seni, Budaya, Tradisi, dan Pendidikan : Ayah Didin
b. Paket Alam : Jejep
c. Paket Ekonomi-Pertanian : Elah Uus
d. Paket Pelatihan dan Outbond : Nandang Noor Azmi
5. Bidang Akomodasi dan Transportasi : Dadan
6. Bidang Logsitik dan Dokumentasi : Nendi
7. Bidang Latihan dan Pengembangan : Nandang Noor Azmi

PENASIHAT
Alim Ulama
Tokoh masyarakat
Cianjur, 16 Februari 2008
Penggagas/Kontributor,
Wawan Setiawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s